MUSRENBANGDES/KEL TAHUN 2023 KECAMATAN EROMOKO

 

(Rabu,Kamis, Jum’at, tanggal 18, 19, 20 Januari 2023) – Kecamatan Eromoko menggelar Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa/Kelurahan Tahun 2023 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2024 Di 15 Desa dan Kelurahan se Kecamatan Eromoko. Musrenbangdes/kel merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.

Untuk memantua pelaksanaan Musrenbangdes/Kel Tahun 2023 di Kecamatan Eromoko, Camat Eromoko, Danang Erawanto, S.Sos membentuk 5 Tim Pemantau diantaranya : Tim I (Ketua :Camat Eromoko), Tim II (Ketua :Kapolsek Eromoko), Tim III (Ketua :Danramil Eromoko), Tim IV : (Ketua :Sekcam Eromoko), Tim V (Ketua :Kasi Tata Pemerintahan Kec. Eromoko.  Masing masing Tim Pemantau Kecamatan mengikutsertakan para anggota yaitu dari Unsur Pemerintah Kecamatan, Pendamping Desa, PPL Pertanian, Puskesmas Eromoko I, Puskesmas Eromoko 2, Peternakan, PU, TKSK dan Koordinator PLKB Kecamatan Eromoko. Selain itu,  Anggota DPRD Kab. Wonogiri Bp. Ari Sumantri juga berkenan hadir ke masing-masing Desa dan Kelurahan yang menyelenggarakan Musrenbangdeskel tersebut.

Perlu diketahui bahwa Tema Pembangunan 2024 adalah : Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat di dukung Penguatan Daya Saing ekonomi daerah.
Adapun Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Wonogiri Tahun 2024 adalah sebagai berikut :
1. Percepatan Pengurangan kemiskinan dan pengangguran
2. Penguatan kualitas hidup dan kapasitas sdm kab wng menuju sdm kab. Wng yg maju dan menguasai iptek
3. Penguatan kapasitas dan daya saing ekonomi rakyat dg tetap memperhatikan keberlanjutan lingk hidup dan resiko bencana
4. Pengembangan infrastruktur sarpras dasar dalam mendukung penguatan daya saing ekonomi
5. Perwujudan tata kelola pem yg baik dan bersih serta kondusifitas wil serta peningkatan kapasitas fiskal daerah
6. Pengurangan kesenjangan wilayah

Rangkaian Pelaksanaan Musrenbangdeskel di Kecamatan Eromoko secara umum berjalan lancar , dari masing-masing Desa dan Kelurahan telah menyepakati apa yang telah menjadi Prioritas Usulan  Pembangunan untuk di Usulkan ke tingkat Kecamatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *